Download aplikasi kospinMU untuk kemudahan anda bertransaksi secara realtime.

RAPAT ANGGOTA TAHUNAN (RAT) XV TUTUP BUKU TAHUN 2016

Oleh mukti  pada 18 March 2017 di lihat 3.735 kali.
Share via Whatsapp

 

kospinmu.com - Pekalongan, Pada hari Ahad tanggal 26 Februari 2017 bertempat di Krakatau Hall Hotel Horison Pekalongan yang beralamatkan di Jl. Gajah Mada No 11A Pekalongan telah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke XV Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Muhammadiyah Surya Mentari yang selanjutnya disebut dengan nama kospinMU Surya Mentari.

Acara tersebut dipimpin oleh Bpk. Drg. H. Muhammad Asmuni selaku Ketua Pengurus kospinMU Surya Mentari periode 2016 s/d 2020. RAT ini juga dihadiri oleh Kementrian Koperasi & UKM Republik Indonesia yang diwakili oleh Bapak Eko Puryanto dan beberapa Dinas terkait, seperti dari Dinas Koperasi Kabupaten Pekalongan, Pusat BTM Jawa Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Karanganyar, Pimpinan Cabang Aisyiyah Karanganyar dan Seluruh Pimpinan Ranting Muhammadiyah serta ORTOM Muhammadiyah se Cabang Karanganyar, MUSPIKA Kecamatan Karanganyar serta para Pimpinan Bank Syariah di Pekalongan.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) merupakan lembaga tertinggi dalam koperasi sebagai media bagi pengurus dan pengawas dalam mempertanggunjawabkan kinerjanya selama satu tahun buku serta media bagi anggota untuk melakukan evaluasi dan pengambilan keputusan dalam usaha koperasi.

Dalam rangkaian kegiatan RAT ke-XV, kospinMU Surya Mentari berkesempatan melakukan “Demo Aplikasi kospinMU Mobile”. Aplikasi kospinMU Mobile merupakan salah satu Fiture terbaru dari sofware yang dimiliki oleh kospinMU Surya Mentari. Aplikasi ini dimaksudkan untuk mempermudah transaksi para anggota, baik itu berupa setoran maupun penarikan. Selain itu, anggota juga bisa mengetahui mutasi dan saldo baik itu tabungan, modal, maupun pinjaman yang ada di kospinMU Surya Mentari melelui aplikasi kospinMU Mobile.

Acara dibuka dengan prakata dari Ketua Pengurus kospinMU Surya Mentari. Beliau menyampaikan permintaan maaf atas nama pengurus dan pengawas akan segala kekurangan dan keterbatasan yang dimilikinya, sekaligus berterimakasih atas semua partisipasi dan dukungan semua pihak sehingga kospinMU Surya Mentari bisa tumbuh dan berkembang menjadi koperasi yang semakin maju. Dilanjutkan dengan sambutan dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pekalongan yang diwakili oleh Bapak Drs. Anasrullah, beliau mengucapkan selamat atas pencapaian yang telah diraih oleh kospinMU Surya Mentari dan bisa menyelenggarakan RAT tepat waktu. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa koperasi-koperasi yang lain yang ada di kabupaten pekalongan patut mencontoh teknologi yang dimiliki oleh kospinMU Surya Mentari.

Sambutan yang berikutnya oleh Bapak Eko Puryanto, selaku perwakilan dari Kementrian Koperasi Republik Indonesia. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Kemenkop menyambut baik dan kagum melihat perubahan yang dipilih oleh kospinMU Surya Mentari. KospinMU Surya Mentari yang dulunya adalah KJKS BTM Surya Mentari berubah menjadi KSPPS Muhammadiyah Surya Mentari, melakukan perubahan ijin usaha yang semula hanya mencakup wilayah kabupaten pekalongan menjadi seluruh wilayah Indonesia, meningkatkan tekhnologi keuanganya jauh lebih maju dengan aplikasi kospinMu mobile, SMS banking dan internet banking. Dalam kesempatan tersebut, sekaligus dilakukan serah terima laporan Perubahan Anggaran Dasar yaitu perubahan wilayah keanggotaan semula wilayah kabupaten Pekalongan menjadi wilayah lintas provinsi oleh Kemenkop kepada Pengurus kospinMU Surya Mentari.

Drg. H. M. Asmuni sebagai Ketua Pengurus kospinMU Surya Mentari memaparkan dengan gamblang mengenai kinerja yang telah dilakukukan oleh jajarannya selama tahun buku 2016, dan  disampaikan pula program-program kerja lain yang telah dicapai selama kurun waktu satu tahun.

Terdapat beberapa kemajuan yang telah dicapai diantaranya adalah :

  1. Jumlah anggota meningkat menjadi 11.121 anggota
  2. Jumlah Modal dan SHU meningkat
  3. Total Asset, Pendapatan, volume usaha meningkat

Diharapkan kospinMU Surya Mentari bisa meningkatkan pelayanan terhadap anggota, sehingga anggota bisa merasakan manfaat ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung.

Setelah acara sambutan, dilanjutkan ke acara pokok yaitu RAT dengan agenda :

1. Pembukaan oleh Pimpinan Sidang

2. Pengesahan-pengesahan :

a. Tata tertib RAT XV Tahun Buku 2016

b. Berita acara RAT XIV Tutup Buku 2015

3. Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Tahun 2016 dan Penyampaian Pembagian SHU Tahun 2016

4. Penyampaian Rencana Kerja dan RAPB Tahun 2017

5. Laporan Pertanggungjawaban Pengawas Tahun 2016

7. Pandangan Umum Anggota dan Tanggapan Pengurus

a. Notulen dan Tanggapan Pengurus RAT XIV Tahun 2015

b. Pertanggungjawaban Pengurus Tahun Buku 2016

c. Penggunaan SHU Tahun 2016

d. Pertanggungjawaban Pengawas Tahun 2016

e. Rencana Kerja dan RAPB Tahun 2017-03-02 Pengesahan Anggota Baru

 

Pengesahan-pengesahan :

Rapat Anggota Tahunan kospinMU Surya Mentari XV Tahun 2016 ditutup pada pukul 13.30, dan anggota mensahkan laporan pertanggunjawaban pengurus dan pengawas kospinMU Surya Mentari Tahun 2016. (Red)