Download aplikasi kospinMU untuk kemudahan anda bertransaksi secara realtime.

Profile Perusahaan

kospinMU Surya Mentari Karanganyar Kabupaten Pekalongan

Sejarah Kami

Sejarah dan Perjalanan

kospinMU Surya Mentari awal beroperasi dengan nama BTM Surya Mentari, diresmikan tanggal 12 September 2002 oleh PDM Kabupaten Pekalongan dan Bupati Pekalongan. Proses pendirian BTM, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Karanganyar yaitu Drs. H.Muchozin, Drs. Arif Rosyid, Suhardi masing-masing sebagai Ketua, Sekretaris dan Bendahara membentuk Panitia Pendiri BTM Surya Mentari, sebagai Ketua, Suhardi dengan anggota  : Arif Rosyid, Slamet Chuzaini, drg. Asmuni, Hadi Sucipto, Suharto, Slamet Tohirun, Joko Siswanto, Iwan Subekti. Koperasi dengan badan hukum koperasi simpan pinjam syariah mula-mula memiliki 23 anggota. Sebagaimana koperasi yang berpedoman dari anggota, untuk dan oleh angggota, maka kospinmu berusaha memajukan kesejahteraan seluruh anggota.

Dalam  perjalanannya, koperasi ini beberapa kali berganti nama menyesuaikan regulasi pemerintah, tercatat tahun 2002-2005 bernama KSPS BTM Surya Mentari, kemudian 2005-2015 bernama KJKS BTM Surya Mentari dan mulai akhir tahun 2016 menjadi KSPPS Muhammadiyah Surya Mentari, atau kospinMu Surya Mentari.  Sejak Desember 2016 wilayah keanggotaan koperasi menjadi lintas kabupaten dan propinsi, sehingga kospinMU bertekad akan melayani anggota di kabupaten dan kota di Indonesia.

KospinMU Surya Mentari anggotanya bersifat perorangan, yang memiliki hak dan kewajiban yang sama, koperasi primer ini menjadi salah amal usaha Muhammadiyah Karanganyar Kabupaten Pekalongan bidang ekonomi.  Kebijakan sejak didirikan adalah 20 % SHU diserahkan dan digunakan Muhammadiyah untuk kepentingan dakwah.

Visi dan Misi

VISI:

Membangun Ekonomi Syariah

MISI :

  1. Terwujudnya lembaga keuangan syariah yang sehat, kompetitif, efisien dan memenuhi prinsip kehati-hatian.
  2. Mensejahterakan ekonomi stakeholder & shareholder melalui pola ekonomi syariah.
  3. Memberikan manfaat yang berkelanjutan terhadap ummat.
  4. Mendukung persyarikatan Muhammadiyah melalui dakwah bil haal dibidang ekonomi syariah. 

 

Logo

Logo Kospin Surya Mentari

Logo KospinMU  diwujudkan dalam tulisan KospinMU SURYA MENTARI di mana di tengah-tengah tulisan, terdapat simbol "Matahari" yang dibawahnya terdapat tiga “Siluet Gerakan” dengan berbagai jenis warna, yang menggambarkan "pluralisme dan kebersamaan" yang saling mengisi dan menghormati.

kospinMU, tulisan kospin mengunakan huruf kecil melambangkan Ramah terhadap semua segmen bisnis yang dimasuki, menunjukkan keinginan yang besar untuk melayani dengan rendah hati, sedangkan “MU” adalah Muhammadiyah, koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah ini adalah amal usaha muhammadiyah, gerakanya amar makruf nahi mungkar, berdasarkan Al Quran dan Hadist sehingga dengan otomatis koperasi ini menggunakan prinsip-prinsip Syariah, warna pada tulisan “MU” orange, Menjadikan kita merasa tajam perhatiannya (warna yang menarik perhatian orang), aktif, kreatif dan meriah, warna spiritual dan melambangkan hal yang luar biasa

Simbolisasi dari falsafah Matahari sesuai dengan logo Muhammadiyah, sang surya yang pancaran sinarnya kuning keemasan berfilosofi bahwa kospinMU akan memberikan manfaat ke semua orang yang menunjukkan keagungan, kemuliaan, kemakmuran, kekayaan,

Siluet Gerakan mengambarkan kedinamisan dalam gerak dan langkah sehingga orientasi ke depan adalah mewujudkan koperasi simpan pinjam pembiayaan syariah yang mandiri dan tangguh berlandaskan amanah dalam membangun ekonomi syariah  yang berkeadilan.

Warna pada “Siluet Gerakan” berkaitan dengan misi, yang mengajak seluruh potensi dalam masyarakat ,baik warga Muhammadiyah maupun masyarakat luas, agar mereka dapat bersatu dalam itikad baik untuk membangun ekonomi secara syariah dalam wadah yang disebut koperasi.

Produk

Simpanan

  • Tabungan Mudharabah
  • Tabungan Qurban dan Aqiqah
  • SiFitri (Simpanan Idul Fitri)
  • Simpel (Simpanan Pelesir)
  • Tabungan Haji dan Umroh
  • Investa Mandiri Berencana
  • Tabungan Prisma
  • Tabungan FantastikMu
  • Simpanan Mudharabah Berjangka (Deposito)

 

 

Pembiayaan

Prinsip

Akad

Fatwa DSN

Kerjasama ( Syirkah )

Mudharabah

No.07/DSN-MUI/IV/2000

Musyarakah

No.08/DSN-MUI/IV/2000

Jual beli / Pengambilan

Keuntungan

Murabahah

No.04/DSN-MUI/IV/2000

Salam

No.05/DSN-MUI/IV/2000

Isthisna

No.06/DSN-MUI/IV/2000

Sewa

Ijarah

No.09/DSN-MUI/IV/2000

IMBT

No.27/DSN-MUI/III/2002

Fee

Kafalah

No.11/DSN-MUI/IV/2000

Hawalah

No.12/DSN-MUI/IV/2000

Wakalah

No.10/DSN-MUI/IV/2000

Rahn

No.25/DSN-MUI/III/2002

Administrasi

Qardh

No.19/DSN-MUI/IV/2001

 

Managemen

Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Muhammadiyah sejak berdiri telah menerapkan manajerial sistem. Rapat Anggota sebagai kekuasaan tertinggi memilih pengurus dan pengawas dari anggota untuk masa jabatan 5 tahun. Pengurus bertindak sebagai policy maker dan pengawas operasional serta hal-hal yang berhubungan dengan segi organisasi koperasi. Dalam aktifitasnya beberapa pengurus ditunjuk sebagai supervisi sesuai dengan sistem operasional yang ada.

Operasional sehari-hari dikuasakan kepada Manager yang dibantu oleh Kepala Bagian Operasional, Kepala Bagian Marketing, Divisi Dana dan Simpanan, Divisi Penyelamat Pembiayaan.

Manajemen setiap bulan mengadakan rapat evaluasi bulanan untuk mengevaluasi kerja bulan sebelumnya dan menetapkan kebijakan-kebijakan yang akan ditempuh pada bulan mendatang. Sistem pengawasan intern dilakukan oleh Divisi Pengawasan, sedangkan di tingkat eksternal dilakukan oleh Auditor Independent Kantor Akuntan Publik.

 

Struktur Organisasi

  • Ketua I – drg H. Muhammad Asmuni
  • Ketua II – Drs H. Sumarlan, MM
  • Sekretaris  - Drs Arif Rosyid
  • Bendahara I – Drs H. Yoyon Ustar Hidayat, M.Si
  • Bendahara II – Sri Hastuti, S.Pd

Dewan Pengawas

       Koordinator Pengawas            : H. Suhardi, MM.Pd
       Anggota Pengawas                 : Budi Rahmulyo, SE
       Anggota Pengawas                 : Kiswanto, SH

Dewan Pengawas Syariah

  • Drs H. Mukhozin, M.Ag
  • Dr.H. Rosihan, SH, M Ag.

 Manager

  • Mukti Widodo, SH. M.Si

 

 Fokus 2016 – 2020

Peningkatan Informasi dan Tekhnologi

  1. Merubah software keuangan yang lama ke software keuangan TAMWIL NT (New Technology) yang on line dengan fasilitas mobile banking, SMS bangking dan internet banking. Perubahan software ini membuat seluruh anggota kospinMU Surya Mentari bisa langsung mengetahui aktivitas keuangan mereka di kospinMU on line selama 24 jam penuh.
  2. Bekerjasama dengan BNI Syariah untuk mencangkokkan salahsatu keunggulan tekhnologi mereka berupa Hasanah Payment Sistem di sistem software keuangan kospinMU yang membuat terkoneksi langsung dengan BNI Syariah selama 24 jam penuh dalam aktivitas payment.
  3. Membuat website kospinmu.com sebagai sarana penjualan produk, mempermudah komunikasi dengan anggota, mengenalkan profil kospinMu kepada masyarakat serta meningkatkan performance kospinMu.
  4. Membuat jejaring sosial melalui media sosial facebook, WhatsApp, LINE & LINE@ kospinMu Surya Mentari dan aktivitas youtube untuk mempertajam penjualan produk secara off line dan untuk memudahkan memberi informasi kepada anggota kospinMu pada segmen tersebut.

Perluasan Jaringan & Networking

  1. Membuka kantor cabang atau kantor cabang pembantu atau kantor kas di daerah dengan pendekatan jumlah anggota yang sudah terlayani di daerah tersebut dengan maksud mendekatkan jangkauan layanan, peningkatan performance, menebarkan manfaat dan perluasan jaringan.
  2. Bekerjasama dengan berbagai organisasi, instansi dan komunitas untuk memperluas network marketing
  3. Menyelenggarakan pertemuan insidental namun terstruktur dalam bingkai silaturahmi baik dengan sesama anggota kospinMu, kolektor tabungan non karyawan dan komunitas lainnya.
  4. Memperkokoh jaringan pemasaran pembiayaan dan tabungan dengan mengoptimalkan kerja sama dengan anggota kospinMu Surya Mentari, perbankan syariah dan koperasi simpan pinjam dan pembiayaan syariah lainnya.
  5. Menciptakan jalur dan sasaran pembiayaan internal di lingkungan muhammadiyah atau yang terafiliasi langsung dengan muhammadiyah atau organisasi atau komunitas lainnya untuk menjaga repayment capacity yang baik, stabil dan bertumbuh.

 Organisasi dan Manajemen

  1. Meningkatkan permodalan kospinMu dengan menambah jumlah personil anggota biasa maupun anggota luar biasa serta jumlah dana simpanan anggota.
  2. Bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri dalam pembangunan gedung kantor kospinMu dan gedung dakwah muhammadiyah PCM Karanganyar senilai Rp 1,8 milyar yang sudah dimulai sejak bulan Oktober 2016.
  3. Bekerjasama dengan LPDB KUMKM dalam peningkatan portofolio pembiayaan kepada anggota kospinMu sebesar Rp 4,5 milyar.
  4. Menjalin kerjasama dengan PCM Krapyak Pekalongan untuk bersama-sama mendirikan kantor cabang kospinMu Surya Mentari di Kota Pekalongan.
  5. Bekerjasama dengan PBMT Indonesia (Persatuan Baitul Maal wa Tamwil) dalam pelatihan dan pendidikan, Informasi dan tekhnologi, sertifikasi dan assesment Pengawas Syariah – Manager – kepala cabang dan pengelola.
  6. Bekerjasama dengan Forum Bisnis (Forbis) Alumni Pondok modern Darussalam Gontor dalam bidang simpanan dan pembiayaan para pengusaha alumninya serta
  7. Memberikan kepastian hubungan kerja antara koperasi dengan karyawan melalui keputusan Bupati Pekalongan nomor : 560/786 Tahun 2016 tentang Pengesahan Peraturan Perusahaan Bupati Pekalongan, yang berlaku mulai tanggal 21 Desember 2016 sampai dengan 20 Desember 2018.